Senin, 28 November 2011

PENGORGANISASIAN

DEFINISI PENGORGANISASIAN
     Pengorganisasian berdasarkan pada kata organisasi,organisasi  berasal dari bahasa yunani.(Organisai dalam bahasa Yunani adalah opyavo,organon-alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.Dalam berbagai ilmu sosial organisasi dipelajari oleh beberapa riset dan berbagai bidang ilmu,terutama sosiologi,ekonomi,ilmu politik,psikologi,dan management.karna fungsi organisasi dapat menstrukturkan sebuah perkumpulan atau kelompok menjadi lebih tersusun rapi. Pengertian Pengorganisasian adalah proses manajerial yang berkelanjutan,fungsi kedua dari dalam management dan pengorganisasian didefinisaikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan,sumber dan lingkungan.Dengan demikian hasil pengorganisasi an adalah struktur organisasi.
Dibawah ini adalah beberapa teori tentang pengorganisasian:
TEORI ORGANISASI KLASIK
                Teori ini biasanya disebut dengan “TEORI TRADISIONAL” atau disebut juga “TEORI MESIN”.Berkembang mulai 1800-an((pada abad 19),Dalam teori organisasi ini digambarkan sebuah lembaga tradisionalisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreaktifitas.

TEORI NEOKLASIK
                Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga dengan “TEORI HUBUNGAN mANUSIAWI”.Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik.Teori ini menekankan pada “PENTINGNYA ASPEK PSIKOLOGIS DAN SOCIAL KARYAWAN SEBAGAI INDIVIDU ATAUPUN KELOMPOK”.

TEORI MODERN
                Berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkungan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Struktur Organisasi adalah susunan komponen-komponen(unit-unit kerja)dalam organisasi.Struktur organisasi menunjukan adanya pembagian kerja dan menunjukan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan(koordinasi).Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan,saluran perintah dan penyampaian laporan.


SUMBER:
     Pengorganisasian berdasarkan pada kata organisasi,organisasi  berasal dari bahasa yunani.(Organisai dalam bahasa Yunani adalah opyavo,organon-alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.Dalam berbagai ilmu sosial organisasi dipelajari oleh beberapa riset dan berbagai bidang ilmu,terutama sosiologi,ekonomi,ilmu politik,psikologi,dan management.karna fungsi organisasi dapat menstrukturkan sebuah perkumpulan atau kelompok menjadi lebih tersusun rapi. Pengertian Pengorganisasian adalah proses manajerial yang berkelanjutan,fungsi kedua dari dalam management dan pengorganisasian didefinisaikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan,sumber dan lingkungan.Dengan demikian hasil pengorganisasi an adalah struktur organisasi.
Dibawah ini adalah beberapa teori tentang pengorganisasian:
TEORI ORGANISASI KLASIK
                Teori ini biasanya disebut dengan “TEORI TRADISIONAL” atau disebut juga “TEORI MESIN”.Berkembang mulai 1800-an((pada abad 19),Dalam teori organisasi ini digambarkan sebuah lembaga tradisionalisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreaktifitas.

TEORI NEOKLASIK
                Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga dengan “TEORI HUBUNGAN mANUSIAWI”.Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik.Teori ini menekankan pada “PENTINGNYA ASPEK PSIKOLOGIS DAN SOCIAL KARYAWAN SEBAGAI INDIVIDU ATAUPUN KELOMPOK”.

TEORI MODERN
                Berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkungan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Struktur Organisasi adalah susunan komponen-komponen(unit-unit kerja)dalam organisasi.Struktur organisasi menunjukan adanya pembagian kerja dan menunjukan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan(koordinasi).Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan,saluran perintah dan penyampaian laporan.


SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar